Thursday 23 February 2023

YOU ARE WHAT YOU THINK

You are what you think. 

Anda akan menjadi seperti apa yang anda pikirkan. Sebuah ungkapan yang mungkin sudah dianggap kuno,tetapi tetap up to date untuk disimak dan dipraktekkan dalam hidup.

Bila seseorang berpikir bahwa ia akan gagal,maka kegagalan akan jadi miliknya.Sebaliknya bila ia berpikir ia akan sukses,maka kesuksesan akan datang. Bila kita berpikir akan jatuh sakit, maka hal itupun akan terjadi. Kekuatan pikiran akan menghadirkan apa saja yang kita yakini. Karena itu orang yang selalu mengisi hidupnya dengan keluh kesah dan yakin bahwa sakitnya tidak bisa tersembuhkan lagi,maka tidak akan ada lagi yang dapat menyelamatkannya,karena ia sudah memvonis dirinya sendiri.

Banyak orang yang tidak memahami kekuatan kekuatan yang ada dalam diri manusia,sejak diciptakan. Dan selalu berpikir :” Ah,tidak mungkinlah saya bisa mencapai semuanya itu”

Nah andaikata ,kita sudah terlanjur membiarkan pikiran negatif menguasai diri ,sudah saatnya untuk mengubahnya,sekarang juga.Langkah awal adalah:

berhentilah berkeluh kesah.

karena keluh kesah menunjukkan tidak adanya rasa percaya diri.

mengekspresikan keputusasaan

keluh kesah menebarkan energi negatif kepada lingkungan kita/ menciptakan keresahan.

keluh kesah akan melunturkan rasa syukur dan pada akhirnya akan mengikisnya dari hati

ekspresi bahwa kita tidak antusias dalam menghadapi hidup

Langkah langkah yang harus diambil adalah menyiasati pikiran negatif menjadi positif.

Bila anda berpikir :

Saya harus tahu diri,saya bukan sarjana,saya hanya orang kecil yang hidup pas pasan,tidak mungkin saya bisa mengubah hidup saya.

Ubahlah menjadi:

Memang saya bukan sarjana, tapi hal itu tidak merupakan halangan untuk saya meraih cita cita saya. karena ada banyak orang didunia yang tidak duduk dibangku kuliah,tapi sukses.

Bila selama ini anda berpegang pada alasan: “Saya sejak dari sononya memang begini,mau apa lagi?”

Ubahlah menjadi :

Saya diberikan akal budi dan kehendak bebas oleh Sang Pencipta,untuk dapat mengubah hidup saya.Saya yakin dapat mengubah kekurangan saya ,menjadi sebuah kekuatan.

Bila anda berpikir:” Sudah nasib saya begini,ya apa boleh buat”

Ubahlah menjadi :” Nasib itu ada ditangan saya dan tanggung jawab saya. Tidak seorangpun dapat mengubah nasib saya,kecuali saya sendir. Saya bertekad untuk mengubah nasib saya mulai dari sejak saat ini. Untuk itu saya akan berkerja keras dan berdoa ,untuk meraih cita cita hidup saya”

Bila selama ini anda berpendapat:” Saya sudah bisa makan sehari 3 kali,mau apa lagi?”

Kini ubahlah cara berpikir tersebut:” Untuk bisa tetap melanjutkan kehidupan,saya perlu makan,tetapi saya hidup bukan untuk makan .Saya mau mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan berguna untuk keluarga dan sesama>”

Atau mungkin anda berpikir:” Saya tidak punya modal,mau bagaimana lagi?”

Anda salah,ada modal yang tidak ternilai dalam diri setiap manusia, yaitu akal dan budi,serta anggota tubuh. Uang bisa habis dalam sekejab bila dibelanjakan. Tetapi otak saya akan semakin cerdas,semakin saya gunakan.

“Saya cuma seorang pegawai kecil”

Jangan lupa,bahwa segala sesuatu yang besar,selalu diawali dengan sesuatu yang kecil. Orang mulai membangun gedung,selalu diawali dengan mendirikan fondasi. Tidak mungkin tiba tiba ada bangunan ,tanpa mengawali dengan fondasi.

Dengan mengubah cara kita berpikir,maka sikap mental kitapun ikut berubah. Perubahan pada sikap mental,baik langsung ataupun tidak ,akan mengubah prilaku kita. Maka hidup kita juga akan berubah. Pilihan ada ditangan anda. Mau berubah atau tidak,adalah sepenuh hak setiap orang.

#sazahsyima
#DahanRapuhEmpire

No comments:

Post a Comment